Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Itulah sebabnya kita harus menjaga kesehatan ginjal kita dengan baik. Ginjal adalah organ tubuh yang terletak dekat bagian tengah punggung, tepat di bawah tulang rusuk. Sama seperti bagian tubuh lainnya, fungsi ginjal pun tak kalah penting. Ginjal terdiri dari satu pasang organ, yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan. Tiap ginjal berukuran sekitar 10-12 cm atau sebesar kepalan tangan, dan mengandung sekitar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang sangat kecil. Terdapat berbagai fungsi ginjal yang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh. Secara normal ginjal kita selalu melakukan pekerjaannya dengan sempurna, yaitu menyaring darah dari limbah-limbah metabolisme. Namun, terkadang ginjal gagal melakukan pekerjaannya itu, maka kondisi ini disebut gagal ginjal, sebagai akibatnya zat-zat yang berbahaya ini menumpuk dalam tubuh sehingga akan menimbulkan berbagai gejala gagal ginjal yang berbahaya. Tanpa pengobatan atau penanganan yang tepat, gagal ginjal akan mengakibatkan penumpukan racun, cairan ekstra dan mineral berbahaya dalam darah yang pada akhirnya akan menyebabkan kematian. Informasi berikut ini akan membahas pertanyaan-pertanyaan paling umum tentang gagal ginjal, yakni mengenai apa itu gagal ginjal, jenis, penyebab, gejala, dan pengobatannya.

Ginjal merupakan sepasang organ yang berbentuk seperti kacang, masing-masing berukuran sekira kepalan tangan, yang terletak di bagian belakang perut bagian atas di kedua sisi tulang belakang. Secara normal fungsi ginjal adalah membersihkan darah dari produk limbah dan membuangnya ke urine. Ginjal juga berfungsi menyeimbangkan unsur-unsur mineral penting, seperti natrium dan kalium, serta memproduksi hormon yang diperlukan untuk mengatur tekanan darah dan produksi sel darah merah. Baiklah, mari kita lihat fungsi dari Ginjal kita seperti di bawah ini:
1. Menyaring darah. Semua darah dalam tubuh melewati ginjal beberapa kali sehari. Ketika ginjal menyaring darah, urine akan tercipta dari zat sisa dan kelebihan cairan di dalam tubuh. Urine tersebut kemudian dialirkan melalui ureter untuk kemudian dibawa ke kandung kemih dan dibuang sebagai air seni.
2. Menyaring dan membuang limbah seperti racun, garam berlebih, dan urea (limbah mengandung nitrogen yang diproduksi saat metabolisme sel selesai). Urea yang terbentuk dalam hati diangkut melalui darah ke ginjal untuk kemudian dibuang. Tanpa ginjal, limbah dan racun akan menumpuk dalam darah
3. Memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, serta memastikan bahwa jaringan tubuh menerima air yang cukup agar dapat bekerja dengan baik. Ginjal bereaksi terhadap perubahan level air dalam tubuh sepanjang hari. Ini karena ginjal adalah kunci dalam pemecahan kimia urine. Ketika asupan air dalam tubuh berkurang, fungsi ginjal ini akan menyesuaikan diri dengan berinisiatif menyimpan air yang tersisa dalam tubuh, bukan membuangnya.
4. Mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah. Caranya, dengan memproduksi enzim renin. Ginjal memerlukan tekanan yang stabil atau konstan untuk dapat menyaring darah
5. Mengatur sel darah merah. Ketika ginjal tidak mendapatkan cukup oksigen, ginjal akan mengeluarkan hormon erythropoietin, yaitu hormon yang merangsang sumsum tulang untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah pembawa oksigen.
6. Mengatur keseimbangan asam-basa (pH) darah dan cairan tubuh. Fungsi ginjal yang satu ini diperlukan agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Asam dalam tubuh dapat meningkat atau bahkan dinetralisir karena makanan yang kita konsumsi
7. Menjaga konsentrasi mineral, seperti natrium, kalium, dan fosfor dalam darah
8. Menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan untuk keseimbangan zat kimia dalam tubuh
Mungkin kita bertanya-tanya apa sebenarnya arti dari Gagal Ginjal. Gagal Ginjal (renal failure) merupakan istilah non-spesifik yang menggambarkan penurunan fungsi ginjal seperti di atas. Jika pada setiap tahap proses penyaringan ginjal diblokir baik karena kerusakan ginjal langsung (misalnya karena diabetes) atau oleh penyumbatan tidak langsung (seperti oleh batu ginjal), maka itu dapat menyebabkan gagal ginjal. Ada dua jenis utama gagal ginjal, yaitu gagal ginjal akut dan kronik. Gagal ginjal akut (GGA) atau Acute Renal Failure (ARF) terjadi ketika ginjal tiba-tiba berhenti menyaring produk limbah dari darah. Sedangkan, Gagal ginjal kronik (GGK) atau Chronic Renal Failure (CRF) berkembang perlahan-lahan dan berangsur memberat dengan sedikit gejala pada tahap awal. Untuk mengetahui perbedaannya lebih lanjut, silahkan baca: Gagal Ginjal Akut vs Kronik.
Perhatikanlah Gejal-gejala Gagal Ginjal sebagai berikut: Gejala gagal ginjal akan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan (stadium), progresifitas dan penyebabnya. Gejala gagal ginjal akut diantaranya retensi cairan, perdarahan internal, kebingungan, kejang dan koma. Sedangkan pada gagal ginjal kronis, seseorang mungkin tidak memiliki gejala apapun sampai fungsi ginjal menurun hingga tinggal 20 persennya atau kurang. Pada kondisi ini, berbagai gejala atau tanda berikut mungkin muncul, seperti : tes urin yang abnormal, tekanan darah tinggi, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, rasa logam pada lidah, anemia, sesak napas, nyeri dada, kebingungan, koma, kejang, sakit kepala, mati rasa dan kesemutan, mudah memar, gatal-gatal, lemah, penurunan output urine, otot berkedut dan kram, tulang kropos, perdarahan di saluran usus, kulit berwarna kuning kecoklatan, kelebihan cairan dan gangguan tidur.

Begitu pentingnya peran ginjal dalam tubuh, maka sudah semestinya jika kedua ginjal dijaga kesehatannya agar selalu dapat berfungsi dengan baik. Meskipun manusia dapat hidup sehat dan normal hanya dengan satu ginjal, memiliki dua ginjal yang sehat tentu lebih baik. Menjaga kesehatan dan fungsi ginjal dapat dilakukan dengan menjaga tekanan darah dan kolesterol, mengonsumsi makanan rendah garam, makan lebih banyak buah dan sayuran, rajin berolahraga, sering minum air hingga urine berwarna bening, jangan merokok, jangan terlalu banyak mengonsumsi alkohol, dan menjaga berat badan ideal.
Sekarang, mari kita pelajari bagaimana caranya untuk melindungi dan memperkuat fungsi ginjal untuk pria. Salah satu yang dapat kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi Produk Epimedium Capsule. Epimedium Capsule merupakan salah satu produk terbaik wootekh yang ditujukan untuk mereka yang ingin merawat ginjal mereka engan baik. Epimedium Capsule adalah pelindung ginjal pria yang berfungsi untuk melindungi pria dari gagal ginjal, telinga berdengung, pinggang linu, sering buang air kecil di malam hari, lemas, lesu, tidak bernafsu makan, pelupa dan insomnia, pusing dan dapat meningkatkan gairah seksual. Adapun Fungsi dari Epimedium Capsule adalah untuk Memperkuat fungsi ginjal pria. Oleh sebab itu produk ini sangatlah cocok untuk para penderita lemah syahwat, impotensi dan penderita lemah ginjal yang sering merasakan sakit pinggang. Aturan pakai produk Epimedium Capsule Wootekh ini adalah 2 x 2 capsule/hari (Khusus laki-laki)
Bagaimana sekarang, apakah anda tertarik untuk mengkonsumsi dan membeli produk Epimedium Capsul ini? Jika anda tertarik untuk membelinya, silahkan langsung menghubungi Tim Pelayanan Stokist Ibu Naomi di nomor hp. 081364418080. Anda akan dilayani dengan baik oleh Tim Pelayanan Stokist Ibu Naomi dan kami pastikan bahwa paket anda akan anda terima tepat pada waktunya. Salam sehat dan kuat luar biasa.